Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘roti’

Martabak Kubang menurut saya adalah Martabak Telor yang bercitarasa khas, lain dari martabak telor pada umumnya. Ada citarasa khas padang yang sulit saya deskripsikan lewat tulisan. Namun yang jelas, citarasa lain ini berasal dari rempah-rempah. Konon katanya, martabak kubang ini awalnya kreasi pedagang Martabak di Kubang, Sumatera Barat.

Yang ingin saya ulas di sini adalah Rumah Makan Martabak Kubang, yang di Jakarta, setahu saya paling tidak cabangnya ada di Jalan Saharjo (ke arah pasar rumput, sebelah kiri) dan Jalan Margonda Raya (ke arah Depok, sebelah kiri, kalau sudah sampai Margocity berarti sudah terlewat lumayan jauh). Selain Martabak telor, Rumah makan ini juga menyediakan martabak manis dengan segala variasinya (rasanya juga lumayan lho), soto padang, roti cane dengan segala teman-temannya (kari, dst), nasi goreng kubang, mi goreng kubang, dan lain sebagainya.

Menu favorit saya di rumah makan ini adalah martabak kubang, martabak keju Wysman, dan Nasi goreng kubang spesial. Khusus nasi gorengnya, rasanya berbeda dari nasi goreng yang pada umumnya di Jakarta. Cita rasa khas rempah martabak kubang tadi, juga dapat dirasakan pada nasi goreng ini. Dengan potongan daging kecil-kecil serta telur mata sapi, rasanya nikmat sekali. Sekali lagi, karena sulit dideskripsikan dengan tulisan, saya sarankan untuk mencoba sendiri di Martabak Kubang.

Harga cukup bersahabat, tidak berbeda jauh dengan menu yang dijual di gerobak  pinggir jalan. Sebagai gambaran, martabak keju wysman dihargai Rp. 35.000.

Iklan

Read Full Post »

Tadi siang berkesempatan nyobain restoran ini, yang memang sudah lama direkomendasikan oleh adik saya. Sebelumnya saya juga sudah sempat browsing mencari informasi mengenai restoran ini di internet. Berikut adalah salinan dari http://ariep.multiply.com/photos/album/184/Nasi_Kebuli_Restoran_Puas_Ibu_Hj._Maryam_Condet, yang ulasannya sudah amat lengkap dan saya setuju dengan ulasan tersebut. Daripada nulis ulang, mending copy paste aja. Sengaja saya paste di sini sekalian, siapa tahu websitenya menghilang:

“Sepulang nganter Pake ke PO Kramat Jati di daerah Cililitan, gue dan Erna melipir ke area Condet buat Makan Siang. Dari Kramat Jati lewat Jl. Batuampar, ngelewatin Dodol Ibu Mamas di kiri jalan yang jual lauk2 juga, rame banget orang pada Makan Siang. Setelah mentok di Jl. Condet Raya kita berbelok ke kanan, nggak jauh dari situ udah keliatan RM Puas di kiri jalan, tapi kita coba terus aja nyari RM Pak Thalib Mussawa yang menunya seru2 juga. Ga jauh dari Puas ada Masjid As Shadiqqin yang ternyata di halamannya ada Sate Balibul dan Ada Nasi Megono Pekalongan yang jual Kue Kamir juga, jual beberapa menu timur tengah juga. Setelah agak jauh, kok nggak ketemu2 ya Thalib Mussawa, ya udah karena keburu laper, kita ke RM Puas aja yang udah pasti tempatnya.

Resto ini nggak terlalu besar, ada sekitar 7 meja + 3 Meja Lesehan, siang itu ada 2 meja saja yang terisi. Kita mesen Pastel dan Sambosa untuk pembuka, Roti Canai + Kari Kambing utk post pembuka dan 2 Nasi Kebuli utk main coursenya.

Yang pertama datang malah Roti Canai Kari Kambingnya. Roti Canainya Fluffy banget dan ga terlalu berminyak, karena pas selesai digorek si Canai ini ditepok2 pake kertas minyak, selain untuk nyerap minyak juga untuk bikin teksturnya rada hancur biar gampang disobek. Kuah karinya enak banget, mantep dan rich, pas buat dicocolin Canai, dagingnya juga empuk, sayangnya cuman ada 1 daging berukuran sedang , memang didapuk buat menu pembuka, kalau buat main, kurang kenyang bos.

Pastel dan Sambosa menyusul , datang dalam keadaan panas, jadilah gue potong ditengah biar ga terlalu panas. Sambosa segitiga berisi adonan bawang bombay dan daging sapi cincang dengan bumbu kari yang cukup kuat, enak banget luarnya crispy dalemnya penuh aroma. Untuk pastelnya isinya agak beda, ada sayuran, daging dan telur tapi berbumbu kari juga, dan isinya banyak banget jadi pastelnya padet , makan 3 juga kenyang ni hehe.

Setelah itu yang ditunggu2 datang, Nasi Kebuli Kambing, Nasi dengan aroma khas ini penuh dengan kismis dan potongan kenari disana-sini di topping dengan 3 potong kambing goreng yang menebar aroma wangi kemana-mana. Rasa nasinya cukup decent bukan ala Nasi Kebuli Jatim yang agak manis, kalau yang ini cukup gurih tanpa rasa kecap manis, yang bikin seru adanya komponen manis dari kismis dan wanginya kenari, seru banget, apalagi Kambing gorengnay juga empuk banget. Yang paling pas nemenin Nasi Keb ini apa lagi kalau bukan Acar Nanas, yang spicy asam segar, selain nanas ada timun dan tomat juga. Saking sukanya gue sama acar model ini, akhirnya jatah acar Erna pun gue akuisisi dengan sukses.

Habis yang gurih2 asiknya yang manis2 bukan, akhirnya kita pesan Es Kopyor tanpa susu, segelas aja buat berdua, ngirit bin romantis hahahaha. Kopyornya banyak banget dan bagus kualitasnya, cocok banget. Setelah makan kita celingukan kesana kemari, liat si Mas bikin Martabak, yang ternyata 2 lapis, dia bikin martabak dengan 3 telur dulu baru nanti dibungkus lagi dengan martabak 2 telur, weh baru denger ada martabak versi lapis legit gitu hehehe, kayaknya seru.

Liat2 di Menu ada minuman sehat yang namanya Bolion (mungkin dari Buillon) yang isinya Kaldu ayam, Telur Ayam Kampung dan Rempah , hee Viagra timur tengah kali ye kebayang minuman tapi gurih kaldu ayam + rempah, kayak sop kali ya bo.

Selain menu diatas, Resto ini juga menyediakan nasgorkam, Roti Jala, Kare Ayam, Kebuli ayam, Sate Kambing, Tahu Telor, Gado-gado dan Ayam goreng, untuk Snack ada Srikaya dan untuk minuman ada Teh Susu Arabia, yang kayaknya sih sealiran ama Chai Masala

Makan berdua kenyang banget abis 70an ribu. Nasi Kebuli dibandrol 20K, pastel dan sambosa dibandrol @ 2000, Canai + Kari Kambing 13K dan Es Kopyor Tanpa Susu 13K. RECOMMENDED

Pulang dari sini kita mengarah ke TB Simatupang nyusurin Jl Raya Condet, ternyata kita nemu RM Thalib Mussawa di kanan jalan dengan menu Gulai Merah dan Gule Kacang Ijo lalu ada Nasi Krawu Gresik dan Nasi Madura, di warung lain di kiri jalan, dan masih ada beberapa brand Nasi Kebuli Lain. Wah baru tau kalau Condet Raya udah berubah jadi jalan ramah wiskul gini heheh, lain kali pasti nyoba Thalib Mussawa dan Nasi Krawu/madura itu, yuk yuk nyobain bareng2

1. Jl. Raya Condet No. 78, Dekat Masjid As-Shadiqin, Jaktim
2. Jl. Jatiwaringin Raya No.7 (depan Waringin Permai), Jaktim
3. Jl. Lapangan Bola No. 5 Kebun Jeruk , Jakbar””

Ada beberapa foto di web page yang saya kutip ini. Yang di atas adalah foto yang saya ambil sendiri.

Read Full Post »